Organ yang tidak termasuk dalam sistem reproduksi pria adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Organ yang tidak termasuk dalam sistem reproduksi pria adalah

Organ yang tidak termasuk dalam sistem reproduksi pria adalah…

a.kandung kemih

Pembahasan.

Sistem reproduksi pria digunakan untuk menghasilkan sel sperma. Sel sperma ini dalam reproduksi akan membuahi sel telur (Ovum) untuk membentuk embrio.

Sistem reproduksi pria terdiri atas:

1. Skrotum.  

Skrtum adalah kantung kulit yang memegang dan membantu melindungi testis. Testis memerlukan suhu lebih dingin daripada bagian dalam tubuh. Inilah sebabnya mengapa skrotum terletak di luar tubuh.

2. Testis (buah zakar).  

Testis adalah 2 organ kecil yang ditemukan di dalam skrotum. Testis bertanggung jawab untuk membuat sperma dan juga terlibat dalam memproduksi hormon yang disebut testosteron. Testosteron adalah hormon penting selama perkembangan dan pematangan pria untuk mengembangkan otot dan menumbuhkan rambut tubuh.

3. Epididimis.  

Epididimis adalah sebuah tabung atau kantong panjang yang terletak di dekat setiap testis. Epididimis adalah tabung yang menyimpan dan membawa sperma dari testis.

4. Vas deferens.  

Vas deferens adalah tabung yang berfungsi menyalurkan sperma dari epididimis saat ejakulasi

5. Vesikula seminalis.  

Vesikula seminalis adalah kelenjar mirip kantung yang terletak di belakang kandung kemih dan melepaskan cairan yang membentuk bagian dari air mani.

6. Kelenjar prostat.  

Kelenjar prostat adalah organ seukuran buah kenari, dan mengelilingi leher kandung kemih dan uretra. Kelenjar prostat mengeluarkan cairan yang membawa sperma.

7. Urethra

Urethra adalah saluran yang memungkinkan urin dari ginjal dan sperma dari vesikula seminalis, untuk mengalir ke luar tubuh.  

8. Penis

Penis adalah organ reproduksi eksternal laki-laki yang digunakan untuk memasukkan sperma ke organ reproduksi wanita.

Baca Juga  Tujuan menggiring bola tinggi yaitu

Sementara kandung kemih bukan merupakan bagian sistem reproduksi, namun bagian dari sistem eksresi (pembuangan sisa) yang berfungsi menampung urin sebelum dibuang.

————————————————————————-

Detail jawaban:

Kode: 9.4.3

Kelas: IX

Mata pelajaran: Biologi  

Materi: Bab 3 – Sistem Reproduksi pada Manusia

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Organ yang tidak termasuk dalam sistem reproduksi pria adalah Semoga Membantu.